Selasa, 17 April 2012

Underwriting Dalam Asuransi Kesehatan Individu

Underwriting Dalam Asuransi Kesehatan Individu - Mungkin istilah underwriting ini masih terasa asing ditelinga kita yang masih awam mengenai asuransi. Jadi apakah yang dimaksud dengan underwriting dalam asuransi kesehatan individu?
Underwriting dalam asuransi kesehatan individu adalah proses untuk menentukan apakah suatu permohonan pembelian produk asuransi kesehatan diterima atau ditolak, hal ini berdasarkan Informasi individu  yang anda serahkan pada perusahaan asuransi, Informasi ini biasanya mengenai usia, jenis kelamin dan riwayat kesehatan anda . Walaupun sepertinya sepele tapi Informasi  inilah yang digunakan sebagai dasar oleh perusahaan asuransi untuk memutuskan apakah akan menerima aplikasi anda ataukah tidak, dan berapa besarnya premi yang akan dikenakan.
Dalam artikel asuransi biasanya menerangkan alasan diperlukannya underwriting  dalam asuransi kesehatan individu adalah untuk menghindari atau meminimalisir terjadinya adverse selection. Adverse selection adalah suatu fenomena dimana terjadi ketidakseimbangan informasi yang dimiliki oleh perusahaan asuransi dengan peserta asuransi.  Informasi sesungguhnya mengenai kondisi kesehatan peserta asuransi biasanya hanya diketahui oleh peserta itu sendiri, sedangkan perusahaan asuransi kurang mengetahui atau memahami dengan baik informasi tersebut.

Apabila motivasi utama seseorang membeli produk asuransi kesehatan karena memiliki status kesehatan yang buruk dan apabila permohonan aplikasinya dikabulkan oleh perusahaan asuransi, maka ia akan memiliki probabilitas yang tinggi untuk menikmati pelayanan kesehatan yang lebih baik, Jika premi yang dikenakan tidak disesuaikan dengan resiko kesehatan pemohon maka dapat membahayakan kelangsungan bisnis perusahaan asuransi itu sendiri. Oleh karena itulah perusahaan asuransi harus mengkaji terlebih dahulu secara cermat setiap permohonan dari calon peserta asuransi.
Perusahaan asuransi yang menggunakan tekhnik underwriting dapat memprediksi apakah calon pesrta asuransi (tertanggung) akan membutuhkan biaya yang tinggi ataukah tidak, yaitu dengan melihat riwayat kesehatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar