Selasa, 03 April 2012

Asuransi Kesehatan Apakah Sama Dengan Asuransi Jiwa?


Seringkali kita salah kaprah dalam memahami tentang asuransi jiwa, banyak dari kita yang mengira bahwa asuransi jiwa digunakan sebagai perlindungan finansial untuk masalah kesehatan layaknya asuransi kesehatan. Padahal fungsi asuransi jiwa berbeda dengan fungsi asuransi kesehatan.

Asuransi jiwa berfungsi sebagai pertanggungan jika tertanggung meninggal dunia, sedangkan fungsi asuransi kesehatan adalah untuk pertanggungan jika yang bersangkutan mengalami gangguan kesehatan misalnya untuk membayar biaya rawat inap, rumah sakit, obat-obatan, dan biaya dokter, dll.

Dari pembahasan fungsi diatas jelas bahwa asuransi kesehatan berbeda dengan asuransi jiwa, walaupun mengambil manfaat kesehatan melalui asuransi jiwa tidak salah,karena memang di asuransi jiwa ada manfaat kesehatan seperti uang pertanggungan penyakit kritis dan rawat inap, namun itu hanya sebagai Rider ( produk tambahan ) bukan manfaat utama.

Apa yang dimaksud dengan rider? rider adalah produk yang  tidak bisa diambil tanpa mengambil produk dasarnya dalam hal ini Asuransi Jiwa, ini berarti jika seseorang hanya bertujuan untuk mengambil manfaat asuransi kesehatan saja, maka mengambil asuransi jiwa + rider kesehatan tidak terlalu tepat karena dia membayar lebih untuk 2 manfaat ( premi asuransi jiwa + premi rider ) bukan hanya untuk kesehatannya saja, karena rider ini tidak diberikan gratis dari manfaat asuransi jiwa.

Jika seseorang hanya ingin mengambil manfaat kesehatan sebaiknya mengambil manfaat tersebut secara langsung melalui asuransi kesehatan, sehingga dari segi pembayaran premi lebih murah serta manfaat yang di dapat juga lebih maksimal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar