Selasa, 03 April 2012

Tabungan Pendidikan Anak

Sering sekali mungkin dari Anda jika berkunjung ke Bank akan ditawarkan program tabungan berjangka untuk pendidikan anak. Tidak ada salahnya jika kita merencanakan pendidikan anak dari anak masih berusia 1 tahun agar pada saat nanti ia akan sekolah menengah atas dan kuliah, orang tua tidak perlu panik lagi mencari dana untuk membayar uang pangkal sekolah atau universitas yang dia inginkan. Karena dalam jangka waktu dan nominal yang telah ditentukan, Anda dapat menarik sejumlah uang Anda setelah tanggal jatuh tempo yang ditentukan. Selain tawaran yang menggiurkan berupa sejumlah uang adapula tawaran berupa hadiah langsung dari bank yang bersangkutan, tapi Anda jangan mudah tergiur terlebih dahulu! Alangkah baiknya Anda mencoba cari informasi selengkap-lengkapnya sebelum Anda menentukan dimana akan menabung.

Mungkin hanya sedikit orang yang melemparkan pertanyaan ke customer / teller bank yang menawarkan program tabungan pendidikan anak mengenai system setoran ini bersifat fleksibel atau tidak. Apakah pernah terfikir oleh Anda apabila suatu saat nanti jika terjadi hal yang tidak diinginkan yang menyebabkan diri Anda tidak dapat menyetorkan uang ke tabungan anak tersebut, apakah yang akan terjadi?? Apakah dana tersebut langsung cair?? Atau Hangus karena kita sebagai customer tidak dapat memenuhi syarat program yang telah dibuat sebelumnya??. Pertanyaan ? pertanyaan ini mungkin sepele bagi Anda, namun ada baiknya kita tanya terlebih dahulu agar tidak salah memilih program bagi pendidikan anak ? anak kita
tentunya.

Dalam merencanakan pendidikan anak adakalanya baik berunding dengan pasangan untuk menentukan option ? option dimana kita akan menabung untuk keperluan pendidikan anak. Option ? option itu diantaranya : Bank atau Asuransi??. Jika Anda memilih option menabung di bank mungkin yang harus Anda tanyakan kepada pihak bank tersebut mengenai hal ? hal yang diatas,apakah dana langsung cair ketika orang tua (sakit kritis / cacat total / meninggal)?, akankah pihak bank memberikan suatu jenis konpensasi kepada nasabah setia jika pada saat terjadi hal diatas?. Lalu bagaimana jika Anda memilih option menabung pendidikan anak di perusahaan asuransi??

Menabung pendidikan anak disebuah lembaga asuransi bagaimana caranya? System yang mereka tawarkan hampir sama dengan bank pada umumnya, yang membedakan ialah jika dalam suatu perjalanan Anda menabung terjadi sesuatu pada orang tua anak (sakit kritis / cacat total / meninggal) maka pihak asuransi akan memberikan sejumlah uang kepada nasabah. Nasabah tidak perlu menabung lagi malah sebaliknya pihak asuransilah yang menggantikan posisi orang tua dalam hal menabungkan tabungan pendidikan anak ? anak kita hingga jangka waktu anak berusia diatas 17 tahun atau dianggap dewasa. Jadi option mana yang akan Anda pilih? Pilihan ada ditangan Anda dan pasangan Anda tentunya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar